Sudah pernah berwisata ke pantai pantai di daerah Gunung Kidul Jogjakarta? Tentu yang kalian kunjungi adalah pantai dengan suasana normalnya pantai yang mempunyai pasir putih, air laut yang biru kehijauan, ombak lumayan besar, jarak pantai yang lumayan jauh, gazebo di sekitaran pantai yang juga menyediakan alat snorkling atau perau kayak, dan masih banyak lagi fasilitas dan gambaran pantai pada umumnya, namun di Gunung Kidul terdapat pantai yang cukup unik. Pantai ini di beri nama pantai Jogan, seperti apa pantainya dan apa keunikanya? Mari kita bahas pantai yang eksotis ini.

Pantai yang berada di desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul ini berjarak kurang lebih 70an kilometer dari kota Jogja, dan kalian memerlukan waktu sekitar 2-2.5 jam untuk dapat ke pantai ini dari kota Jogja, memang lumayan jauh namun jika kalian sudah sampai ke pantai ini rasa lelah kalian di perjalanan akan terbayar oleh keunikan pantai Jogan ini. Keunikan pantai ini terletak pada bibir pantainya yang berupa air terjun. Ya, memang pinggir pantai jogan ini merupakan air terjun yang sumber airnya brasal dari perbukitan utara pantai ini dan bermuara ke laut. Kata Jogan sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti bawah/dasar. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, pada bagian atas pantai ini kalian dapat menemukan beberapa warung yang di kelola oleh penduduk sekitar, dan tanah di bagian atas ini sangatlah subur, kalian juga dapat menemukan pohon Palma di sekitaran pantai ini. Tak sampai di atasnya saja, kalian juga dapat menuruni pantai ini hingga ke bagian bawahnya melalui tangga dari bamboo yang di buat oleh pengelola pantai ini. Lalu ada apa saja di bawah air terjun Pantai Jogan ini? Di bawahnya terdapat bebatuan karang khas pantai. Spot paling bagus untuk menggambil foto pantai ini adalah dari bawah dan di saat sore hari atau sunset.

Untuk tiket masuknya sendiri kalian akan dikenakan biaya Rp.10.000 per orang, di tiket itu kalian juga dapat menggunjungi beberapa pantai di sekitarnya yang tak kalah bagusnya, antaralain pantai Siung, dan pantai Nglambor. Untuk parkirnya sendiri kalian akan di kenalak biaya Rp.3000 untuk motor, Rp.5.000 untuk mobil. Gimana? Unik bukan pantai Jogan ini, silahkan berkunjung ke pantai jogan tapi ingat tetap jaga kebersihan ya supaya kelak anak cucu kita juga masih dapat menikmati pantai ini.