Kasongan merupakan sebuah daerah di Bantul Jogjakarta, daerah ini dikenal sebagai sentra pengrajin gerabah di jogja. Lokasi desa kasongan ini sendiri berada di Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, Bantul. Desa kasongan ini sendiri identik dengan wisata minat khusus bagi para pemburu kerajinan dari tanah liat seperti gerabah dan keramik.

Sebagian besar penduduk kasongan sudah memiliki ketrampilan membuat berbagai macam kerajinan dari tanah liat dan sudah di wariskan turun temurun ke generasi generasinya. Sejarahnya dahulu pada masa penjajahan Belanda di temukan seekor kuda milik bangsawan Belanda yang mati di sawah penduduk sekitar, si pemilik sawah pun melepaskan hak atas sawahnya karena takut ia akan di tuduh sebagai pembunuh kuda milik bangsawan belanda tersebut. Ketakutan tersebut ternyata berimbas ke penduduk penduduk lainya yang mempunyai persawahan di daerah itu. Setelah sekian lama sawah tersebut tidak ada pemiliknya maka banyak penduduk yang menggambil alih dan mengklaim atas tanah itu. Para penduduk baru ini pun bermatapencaharian sebagai petani dan pembuat kerajinan.

Jika kalian berencana menggunjungi desa kasongan kalian bisa memilih beberapa opsi rute. Jarak yang akan kalian tempuh dari kota kurang lebih 8-10Km dari kota Jogja, rute termudah untuk menuju ke Kasongan adalah melewati jalan Bantul. Kalian dapat melewati daerah pojok beteng kulon, lalu kalian lurus saja ke arah selatan hingga menemukan perempatan ringroad jalan Bantul, sesampainya di situ kalian masih harus ke selatan kurang lebih 3 km. sampai di pertigaan kasongan kalian bisa berbelok ke kiri atau barat, nah disitulah desa kasongan. Sebenarnya Kasonga sendiri dapat di capai dengan segala jenis kendaraan dan jalan di daerah kasongan pun sudah cukup membaik

Desa kasongan ini sendiri memiliki ratusan pengrajin yang menjajakan kerajinan tangan gerabah sepperti Vas Bunga, guci, patung patung, dan lain lainya. Harga yang di tawarkan oleh pengrajin pun cukup murah, mulai dari 3000 rupiah kalian sudah bisa membawa pulang gerabah untuk hiasan meja.

Eits buat kalian yang ingin mencari penginapan di daerah penghasil gerabah kasongan, tenang disini terdapat sebuah hotel dan beberapa guest house yang dikelola oleh warga sekitar. Jadi kalian yang ingin liburan ke jogja dan membeli buah tangan berupa kerajinan keramik atau geranah, kalian bisa mampir ke desa wisata Kasongan.