Jalan jalan ke Yogyakarta rasanya tidak afdol jika kalian tidak merasakan makanan khas dari kota Yogyakarta. Banyak sekali makanan khas yang dapat kalian coba, mulai dari Gudeg, aneka sayur masakan khas Jawa atau yang biasa di sebut “Janganan Ndeso”, Bakpia, Carang Gesing, dan lain sebagainya.

Namun kalian bisa mencoa hal hal berbeda untuk memanjakan lidah kalian dengan citarasa khas kota Yogyakarta. Kali ini kita akan memberikan beberapa referensi buat kalian yang ingin mencari kulineran di pasar pasar tradisional yang ada di sekitaran kota jogja. Apa saja sih menu makanan hits yang dapat kalian jumpai di pasar pasar tradisionaldi kota Yogyakarta? Yuk sama sama kita liat.

Pertama, kita akan menuju ke pasar Pathuk, letak pasar ini beada di barat jalan malioboro, tepatnya berada di jalan bhayangkara. Di pasar ini kalian dapat menemukan makanan khas jogja yang fenomenal, namanya Jenang Gempol Simbok. Jenang coklat manis yang terbuat dengan gula aren dan di padukan dengan Gempol/parutan kelapa yang di buat membulat serta kuah santan dijamin akan membuat pelengkap sarapan kalian semakin berkesan. Harga yang di tawarkan untuk seporsi Jenang Gempol ini pn tidak mahal hanya 5000 rupiah saja.

Kedua, Sarapan di Pasar Ngasem yang berlatarkan bangunan Pulau Cemethi (bagian bangunan dari Tamansari). Pasar ini terletak di jalan Polowijan, Kraton, di pasar ini kalian dapat mencari sarapan dengan makanan dan lauk pauk khas kota Yogyakarta. Ada Brongkos, yang terdiri dari telur, kacang tolo, dan koyor sapi yang di campur dengan kuah rempah dan santan. Lalu ada bubur jawa, bubur jawa yang dapat kalian padukan dengan aneka macam sayuran seperti sayur genjer, sayur bobor dan lainya. Aneka kue pun dapat kalian jumpai di pasar ngasem ini mulai dari apem jogja, bothok, lopis, dan lainya. Masalah harga tenang ga bakal bikin kantong kering kok, makanan di pasar ngasem ini tergolong murah. Seporsi makan lengkap dengan lauk dan teh hangat bisa kalian dapatkan dengan 15 ribu saja.

Ketiga, Malam malam cari kulineran di pasar? Rasanya?? Nah kali ini kaliah membutuhkan sedikit perjalanan ke selatan, tepatnya di jalan imogiri timur, disana terdapat pasar Wonokromo atau pasar Jejeran yang kalau malam terkenal dengan sate klathaknya walaupun ada juga menu lain seperti tongseng dan rica. Sate klathak adalah sate yang terbuat dari daging kambing muda yang di bakar dengan tusukan terbuat dari ruji velg sepeda motor. Jika kalian pernah menonton film AADC 2, sate klhatak pak bari inilah yang menjadi lokasi shootingnya. Seporsi sate ini dapat kalian dapatkan dengan harga 25 ribu rupiah.