Jogjakarta memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik dan mempunyai beberapa sejarah yang sangat berharga bagi Indonesia. Salah satunya adalah Kotagede, sebuah wilayah di sisi selatan kota Yogyakarta ini sangat menarik untuk kita ulik. Para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta tentu akan mengenal Kotagede sebagai sentra kerajinan Silver, namun tak hanya itu ada beberapa fakta menarik yang harus kalian tau, agar saat kalian berada di Kotegede kalian dapat menggunjungi tempat tersebut. Penasaran dengan fakta yang akan kita bahas?

  1. Sejarah Sebagai Ibukota Kerajaan Mataram
    Sebelum 1952 wilayah Kotagede ini merupakan bagian dari Kasunanan Surakarta. Mulanya, Kotagede adalah nama sebuah kota yang merupakan ibukota kesultanan Mataram. Setelahnya kerajaan Mataram terpecah menjadi Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.
  1. Kompleks Masjid Besar Mataram
    Masjid yang masih berdiri kokoh di kota gede ini memiliki arsitektur bergaya kraton, dengan ornmen ornament serta lingkungan yang asri lengkap dengan beberapa relief yang mengelilingi pagar masjid, serta pohon khas yaitu Sawo Kecik.
  1. Kompleks Makam Raja Mataram
    Selain Masjid Besar Kotagede terdapat pula kompleks makam dari raja Mataram bernama Pasarean Mataram. Di dalam komplek pasarean ini terdapat makam dari Panembahan Senopati. Karena luas kompleks makam ini tidak mencukupi, maka pihak kraton menyetujui bahwa makan Raja selanjutnya di sediakan tempat di imogiri.
  1. Pasar Legi
    Pasar tradisional yang masih eksis hingga sekarang ini berada tak jauh dari masjid besar dan kompleks Pesarean Mataram. Kenapa di namakan Pasar Legi? Ini karena sejatinya pasar ini akan ramai pada waktu penanggalan jawa hari pasaran Legi. Pada saat pasaran Legi inilah pasar kotagede ini sangat ramai oleh penjual dan pembeli.
  2. Kipo dan Yangko
    Kipo dan Yangko adalah makanan khas dari Kotagede, 2 makanan iki dapat kalian dapatkan di sekitaran pasar Kotagede.

Itulah beberapa fakta menarik yang ada di Kotagede, oh ia Kotagede juga merupakan kota warisan yang patut kita jaga kelestarianya. Nah jika kalian datang ke jogja maka sempatkanlah menggunjungi Kotagede. Terdapat beberapa spot menarik untuk kalian ber swafoto di daerah ini. Apalagi menggunakan sepeda dari JogjaBike.