Berburu Kuliner di Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo, adalah pasar induk yang terletak di pusat kota Jogjakarta, Pasar ini sangat terkenal bagi para pelancong dengan kain batik yang di jajakan para pedagang. Nah jika kalian datang ke Malioboro untuk refreshing atau berbelanja, maka biasanya kalian akan menuju juga ke pasar Bringharjo. Memang pasar ini sangat terkenal dengan pusat kain dan pakaian batik kas Jogjakarta yang harganya tentu sangat bersaing dengan pakaian yang di jual di toko. Namun banyak yang tidak tau bahwa pasar bringharjo memiliki hidden gem yang sangat sayang untuk di lewatkan, apa itu hidden gem yang ada di pasar Bringharjo? Tak lain adalah kulinernya. Berikut beberapa wisata kuliner yang sangat sayang untuk di lewatkan jika kalian berkunjung ke pasar Bringharjo.

  1. Sate Kere Pasar Bringharjo

Letak penjual sate kere ini sebenarnya tidak di dalam pasar bringharjo, melainkan ada di jalan sisi selatan pasar, kalian tidak akan susah menemukanya karena kepulan asap yang baunya sangat menggugah selera akan tercium dari kejauhan. Tapi hati hati ya bagi kalian yang mempunyai penyakit kolesterol. Para pejual sate ini biasa membuka daganganya dari pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Harga yang di tawarkan pun cukup murah, untuk sate daging di patok dengan harga 4000 rupiah per tusuk, sedangkan untuk sate gajihnya 3000 per tusuk

  1. Sup Kembang Waru

Ini dia sup yang hanya dapat kalian temui di pasar Bringharjo, oleh karena itu kuliner ini sangat sayang yntuk dilewatkan. Sejatinya sup ini berasal dari jjawabarat, namun belum banyak kedai atau warung makan di jogja yang menyajikan sup dengan isian wortel, rolade yang menyerupai bunga pohon waru, dan kuah kaldu sapi yang sangat segar ini. Kalian dapat menuju ke bagian Metro pasar Bringharjo lantai 2 untuk menemui sup ini, harga perporsinya hanya 10 ribu rupiah.

  1. Soto Pithes Mbah Galak

Dengar namanya saja sudah unik bukan, ya ini adalah kuliner khas juga dari pasar bringharjo. Kalian dapat memilih ingin soto sapi atau soto ayam, dan yang jadi unik adalah kesesuaian dengan namanya, jika kalian memesan soto pedas, maka cabai yang di campurkan di soto akan di Pithes atau bahasa mudahnya adalah di lumatkan dan di campurkan dengan soto yang kalian pesan. Tempat makan ini berada di utara masjid Muttaqien lantai 1, dan untuk harga per porsinya adalah 9000 rupiah.

  1. Dawet Mbah Hari

Ini adalah kuliner yang paling Legend di pasar bringharjo, jika kalian datang ke pasar Bringharjo dan ingin mencicipi dawet mbah hari maka setiap pedagang yang kalian tanyai pasti sudah tau tempatnya, berada di pintu sisi selatan pasar bringharjo, mbah hari ini menjajakan dawetnya sejak umur 12 tahun. Untuk seporsi dawet berisikan cendol, cincau hijau, potongan nangka, santan dan gula merah kalian hanya perlu merogoh kocek 5000 rupiah.