Saat ini bersepeda mulai ramai di gandrungi masyarakat Indonesia, tak hanya remaja, namun anak anak hingga orang dewasa pun sangat antusias untuk bersepeda. Tak hanya sekedar olahraga dan hobi saja, namun sekaraang bersepeda sudah menjadi budaya, dimana semakin sadarnya masyarakat Indonesia dengan gaya hidup sehat. Beberapa orang menggunakan sepeda untuk kegatan sehari hari, mulai dari ke kantor, ke sekolah, bahkan memang sengaja menempuh perjalanan yang jauh menggunakan sepeda. Maka dari itu persiapan untuk bersepeda dengan perjalanan jauh harus di siapkan, nah kali ini JogjaBike akan memberikan kalian sedikit tips bagi kalian yang akan menggunakan sepeda untuk menempuh perjaanan yang cukup jauh. Apa saja tipsnya? Mari kita simak di bawah.

  1. Persiapan sepeda
    Ini adalah hal yang paling utama, meskipun membetulkan sepeda itu mudah namun kalian juga harus memperhatikan beberapa bagian part yang krusial jika terjadi trouble di jalan. Maka dari itu sebelum kalian melakukan perjalanan dengan sepeda selalu cek bagian per bagian dari sepeda kalian. Yang terutama adalah bagian tekanan angin dan gear.
  1. Persiapkan Stamina
    Bersepeda dengan jarak jauh tentu akan memberikan rasa lelah, nah untuk menguranginya kalian bisa persiapkan diri kalian. Badan fit, istirahat dan tidur yang cukup, hingga latihan mengendalikan posisi gear dan pedal sehingga kalian tidak terlalu ngos ngosan saat mengayuh sepeda.
  1. Pemilihan Rute
    Pemilihan rute ini sangatlah penting, kenapa? Karena dengan memilih rute dan jaluryang benar maka kalian tidak akan terasa capek. Missal kalian akan ke tujuan A dari D, ada 2 opsi rute B dan C dengan tanjakan pada rute B lebih banyak, sedangkan C lebih sedikit, namun di rute B kalian akan lebih cepat sampai sedangkan dengan rute C kalian akan di bawa ke jalan yang memutar. Maka tergantung pada kondisi kalian dan kemampuan kalian untuk pemilihan rutenya.
  2. Membawa Camilan
    Makan makanan ringan akan membantu memulihkan energy kalian saat di perjalanan, namun kalian juga harus tahu batasan untuk mengkonsmsi makanannya. Bawalah bekal makanan yang kaya akan serat agar energy kalian bisa cepat pulih.
  3. Asupan Minuman
    Ini dia yang tidak boleh lupa saat kalian bersepeda, air minum. Usahakan asupan cairan ke dalam tubuh kalian tercukupi, pastikan untuk mengkonsumsi minimal 2 gelas air kurang lebih 15 menit sebelum kalian memulai perjalanan. Setelah itu usahakan minum per jam untuk menjaga agar asupan air ke dalam tubuh yang akan di olah menjadi tenaga tercukupi.

Itulah beberapa tips untuk kalian yang akan melakukan perjalanan jauh dengan sepeda, semoga beberapa tips di atas dapat membantu kalian dalam melakukan perjalanan. Nah jika kalian berkunjung ke Jogjakarta namun inigin bersepeda sedangkan kalian tidak memungkinkan membawa sepeda dari kota kalian, JogjaBike hadir untuk kalian yang ingin bersantai, berolahraga, serta mengulik sudut udut kota jogja. Kalian bisa mengunduh aplikasi Ina Bike untuk menyewa sepeda di JogjaBike dan kalian dapat berkeliling kota jogja dengan menggunakan sepeda tanpa harus membawa sepeda dari rumah. Simpael bukan? Buruan cobain JogjaBike !