Kota Jogja yang semakin hari semakin ramai dan semakin maju ternyata masih memiliki banyak mitos mitos yang masih di percaya hingga saat ini. Walaupun jaman sudah modern dan teknologi semakin maju, ternyata tidak memnuat mitos itu luntur di kota Jogja. Salah satu mitos yang akan kita bahas adalah Laku Masangin. Para pelancong dari luar kota Jogja banyak sekali yang penasaran dengan mitos ini. Lalu apa itu Masangin? Masangin sebenarnya adalah latihan yang di khususkan untuk prajurit Kraton Jogja untuk melatih konsentrasi dengan cara berjalan dengan mata tertutup di antara 2 beringin kembar di Alun alun selatan kota Jogja.

Zaman dahulu Masangin ini di sandingkan dengan Ritual Topo Bisu yang di lakukan oleh para prajurit kraton dan abdi dalem dengan cara berjalan kaki mengelilingi beteng kraton dan melewati beringin kembar dengan tidak mengucap satu katapun. Hal ini bertujuan untuk melatih fisik, kesabaran, serta focus. Tentu yang namanya Mitos tidak lengkap jika tidak di bumbui dengan hal di luar nalar, dan hal inilah ang menguatkan dan membuat mitos ini tetap bertahan hingga sekarang. Konon banyak yang memberikan cerita bahwa jika bisa melewati 2 beringin kembar di alun alun selatan ini akan di kabulkan permintaanya, lalu ada lagi cerita tentang tentara belanda yang begitu melewati 2 beringin kembar ini kekuatan dan skill mereka meghilang setelah melewati pohon beringin kembar tersebut.

Nah bagi kalian yang ingin merasakan sensasi mitos Masangin, kalian dapat datang ke alun alun selatan Jogja, waktu yang tepat untuk berkunjung ke alun alun selatan adalah pada saat sore hari hingga malam. Dan saat malam kalian dapat menemukan bapak bapak yang menyewakan penutup mata. Di samping itu sisi moderenisasi di alun alun kidul ini juga sangat berdampak bagi perekonomian warga sekitarnya, penjual penjual ronde, makanan berat hingga makanan ringan, serta mereka yang mencari rejeki dengan menyewakan sepeda odong odong yang di hiasi dengan lampu lampu serta alunan music.

Sudah tahu kan apa itu Masagin, pada artikel selanjutnya kita akan bahas lagi tentang mitos mitos yang ada di sudut sudut kota Jogjakarta,so tetap pantengin Jogjabike.id untuk mengetahui banyak hal menarik dari kota Jogjakarta.