Yogyakarta merupakan sebuah Provinsi yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah dari jaman dahulu. Keindahan bangunan bangunan candi yang di temukan di daerah Yogyakarta tentu sangat menarik bagi wisatawan untuk dikunjungi. Beberapa wisatawan pasti akan terpusat pada candi prambanan dimana candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang di bangun pada abad ke-9, Candi Prambanan ini juga sudah terdaftar di UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Sebenarnya masih banyak candi candi yang tersembunyi dan belum banyak terekspose, berikut ini beberapa candi yang jarang wisatawan luar jogja ketahui dan wajib untuk kalian kunjungi sebbagai tambahan ilmu budaya tentang sejarahnya.

  1. Candi Ijo

Candi Ijo ini terletak di Bukit Ijo desa Tritis, Sambirejo, Kec.Prambanan, Kab.Sleman D.I.Yogyakarta. Candi ini juga merupakan Candi tertinggi di kota jogja, berada pada ketinggian 357.402-394.581 MDPL Candi ini sangat cocok bagi kalian yang ingin berwiasata sekaligus menikmati kota jogja dari ketinggian, kalian juga dapat menikmati sunset dari kompleks Candi ijo ini, oh ia Candi ini termasuk kedalam jajaran Candi Hindu yang berada di Jogja dan masih satu perbukitan dengan Candi Ratu Boko, Candi Banyunibo, dan Candi Barong. Bagi kalian yang ingin menuju ke Candi Ijo disarankan kendaraan kalian memiliki performa yang fit ya, karena tanjakan untuk menuju Candi ini tergolong curam. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 kalian sudah dapat menikmati sunset yang sangat cantik di Cand ijo.

  1. Candi Banyunibo

Banyunibo dalam bahasa Indonesia berarti adalah Air yang jatuh menetes, Candi ini unik karena Candi ini termasuk kedalam Candi Budha di antara komplek komplek bangunan Candi Hindu di sekitarnya. Masih berada di daerah Prambanan dan masih berdekatan dengan Candi Ratu Boko, Candi Ijo, daan Candi Barong. Dibangun pada kisaran Abad ke-9 di jaman Kerajaan Mataram Kuno, Candi ini ditemukan dalam keadaan runtuh dan mulai di pugar dan di teliti pada tahun 1940an. Candi banyunibo ini terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan Sleman. Tiket masuk ke Candi Banyunibo ini sama dengan tiket masuk ke Candi Ijo yaitu Rp.5000.

  1. Candi Kedulan

Candi yang satu ini mempunyai desain arsitektur mirip dengan Candi Sambisari. Terletak di Desa Kedulan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Sleman, Candi ini di temukan berada di kedalaman 3-7 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan Candi ini terkubur material letusan Gunung merapi di abad ke 11. Hingga saat ini masih di teliti dan di lakukan penggalian di sekitar komplek Candi ini karena pada tahun 2003 dan 2015 masih di temukan beberapa prasasti di sekitar candi ini. Jika kalian berkunjung ke daerah Candi sambisari atau Candi Prambanan maka sempatkanlah mampir ke Candi Kedulan. Suasana asri dan sepi tentu akan embuat kalian betah.

Itulah beberapa referensi candi yang jarang wisatawan tahu namun memiliki karakteristik dan pemandangan serta suasana alam di sekitarnya yang berbeda. Jadi bagi kalian yang ingin berwisata sejarah ke Jogjakarta atau berwisata anti mainstream di Jogjakarta kalian patut memasukan Candi Candi tersebut ke list wisata kalian.