tips-wisata-sepeda-yang-bikin-makin-sehat

Bersepeda memiliki segudang manfaat kesehatan, dari kesehatan jantung hingga kebugaran tubuh. Rutin bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda sekitar 32 kilometer per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda. Sementara itu, bersepeda 30 menit per hari yang dikombinasikan dengan membatasi asupan kalori akan mendapat hasil yang setara dengan mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.

Yuk simak info pentingnya agar JBikers bersepeda mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas bersepeda, lakukan 5 langkah ini!

  1. Lakukan dayungan berkisar 60-80 putaran per menit.
  2. Gerakan anggota badan hindari posisi terlalu kaku selama bersepeda.
  3. Mendayung sepeda paling tidak 30 menit per hari.
  4. Mengolah otot dengan tetap mengayuh baik tanjakan ataupun turunan.
  5. Pastikan sepedamu sesuai untukmu tidak terlalu tinggi ataupun pendek.

Apa pun jenis dan gaya sepeda yang kamu pilih, entah itu sepeda fixed gear  maupun jenis sepeda lainnya, tetap saja bila frame tidak cocok denganmu, maka kamu bisa mengalami nyeri otot serta lebih rentan terjatuh.

Bersepedalah secara konsisten dua kali seminggu dan tempuhlah jarak yang lebih jauh pada akhir pekan secara konsisten. Ini adalah cara terbaik membangun kebugaran jantung dan pembuluh darah melalui rutinitas bersepeda. Kamu akan segera merasakan manfaatnya. Jangan lupa untuk menerapkan 5 langkah sepeda sehat di atas yang juga telah dilakukan oleh JBikers lainnya ya.