Saat ini sepeda sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat baik itu sebagai hobi atau sarana transportasi. Munculnya para penghobi sepeda ini tentu saja patut diapresiasi karena hal ini dapat berdampak positif jika dapat disikapi dengan bijak. Dengan semakin banyak pengguna sepeda berarti harus tahu cara merawat speda dan tidak sedikit bengkel sepeda yang harus membatasi masuknya sepeda yang hendak di service karena minimnya personil yang dapat memperbaiki sepeda dan juga suku cadang sepeda yang ternyata mulai sulit didapatkan karena antusias para pesepeda yang meningkat.

Untuk mengatasi situasi seperti ini saya ingin berbagi tips bersama sobat portal mengenai perawatan sepeda, baik itu dari segi menjaga kebersihan sepeda, bagian mana saja yang perlu diperhatikan dalam merawat sepeda, dan kapan waktu yang diperlukan untuk melakukan perawatan. Berikut beberapa tips dalam merawat sepeda :

1.Menjaga Kebersihan Sepeda

cara merawat sepeda

Sepeda dalam bahasa Inggris memiliki unsur kata cycle yang salah satu maknanya adalah berputar. Sepeda memiliki beberapa bagian yang berputar yang harus tetap dijaga kebersihannya agar bagian tersebut tetap dapat berputar dengan lancar. Hal termudah dalam menjaga kebersihan sepeda adalah dengan cara mencucinya. Dalam mencuci sepeda gunakan air mengalir dengan tekanan biasa. Mencuci sepeda menggunakan air bertekanan tinggi ternyata dapat menyebabkan beberapa komponen sepeda cepat rusak diantaranya adalah bagian-bagian sepeda yang wajib terisi pelumas (grease atau oli). Salah satu komponen tersebut adalah rantai.

Setelah dicuci siapkan kain yang lembut untuk mengeringkan sepeda. Cek dengan teliti bagian-bagian yang dapat menampung air agar tetap kering seperti lubang kabel pada batang sepeda atau sela-sela baut sepeda. Kemudian jangan lupa tetap lumasi rantai agar tidak mudah kering dan berkarat. Jadi agar sepeda sobat portal tetap nyaman saat dipakai, cuci sepeda secara rutin terutama setelah digunakan dalam keadaan hujan atau saat telah menempuh medan off road.

2. Menjaga Kenyamanan Sepeda 

Para pekerja bangunan memiliki filosofi tersendiri mengenai peralatan kerja yang biasa mereka gunakan. Jika sobat perhatikan para pekerja bangunan selalu mencuci bersih peralatan yang telah mereka gunakan, menurut kepercayaan mereka jika alat – alat yang mereka gunakan tidak mereka cuci sehabis digunakan maka keesokan harinya tubuh mereka akan sakit sehabis bekerja menggunakan alat-alat tersebut. Terdengar mistis? tentu saja tidak. Hal ini terjadi karena jika peralatan yang digunakan bekerja dalam keadaan kotor maka bekerja pun tidak maksimal dan tentu saja mempengaruhi kinerja mereka apalagi pekerjaannya melibatkan kegiatan fisik.

Sama halnya dengan sepeda, saat sobat portal kurang memperhatikan perawatan sepedanya maka sepeda yang sobat portal miliki akan berkurang kenyamanannya saat digunakan. Bagaimana cara merawat sepeda sobat tetap nyaman? Simak beberapa tipsnya berikut ini :

  • Berikan pelumas setelah mencuci sepeda dan Merawat Sepeda

Biasakan untuk memberikan kembali pelumas pada bagian – bagian sepeda yang membutuhkannya terlebih saat sepeda telah selesai dicuci. Berikan pelumas secukupnya agar sepeda tidak menjadi perangkap debu yang malah akan membuat sepeda menjadi lebih mudah kotor. Kegiatan melumasi ini bisa dilakukan pada bagian-bagian bergerak lain di sepeda seperti rantai, headset, seatclampPulley RD, engsel (pada sepeda lipat), dan lain sebagainya.

  • Cek Tekanan Angin  

Jika sobat portal hendak menyimpan sepeda, tekanan angin ban sangat penting untuk selalu diperhatikan. Karena jika tidak dijaga tekanannya dapat memperpendek umur ban sepeda. Cek tekanan ban sesuai dengan tekanan yang tertera pada ban luar, hal ini tentunya berbeda-beda tergantung dari jenis sepedanya. Biasanya semakin tipis ban yang digunakan maka akan dibutuhkan tekanan ban luar yang lebih tinggi, contoh : sepeda balap membutuhkan tekanan angin pada ban luar antara 80 – 130psi hal ini tentu saja berbeda dengan tekanan angin untuk sepeda gunung yang biasanya berada pada angka antara 25 – 35psi.

cara merawat sepeda

3. Kapan Saya Harus Tahu Cara Merawat Sepeda ?

Layaknya sebuah kendaraan yang selalu digunakan maka sepeda pun memiliki jangka waktu pemakaian terutama pada bagian komponen sepeda yang sering sekali terjadi gesekan.  Oleh karena itu sobat portal harus rutin melakukan pengecekan sepeda secara menyeluruh demi keamanan dan kenyamanan sobat portal saat bersepeda. Beberapa komponen yang sering aus karena pemakaian diantaranya :

  • Rantai

Jika sobat portal memiliki alat untuk mengecek rantai, maka hal ini akan lebih mudah dilakukan. Namun jika sobat portal tidak memiliki alat tersebut sobat portal dapat melakukan penggantian rantai setelah sepeda melakukan perjalanan diatas 1000 km atau 1 tahun sekali. Hal ini tentu saja berbeda-beda tergantung dari berat tidaknya pemakaian sepeda. Rantai yang sudah aus akan merenggang, hal ini dikarenakan gesekan dan tarikan saat rantai bekerja. Jika dibiarkan terus-menerus maka kerusakan akan merambat pada komponen sepeda lainnya contohnya chanring teeth dan teeth pada cassettes.

  • Ban Termasuk Cara Merawa Sepeda

Ban luar sepeda merupakan salah satu cara merawat sepeda memiliki ketahanan yang berbeda-beda tergantung dari compound yang dimilikinya. Ban luar yang sering digunakan akan lebih cepat menipis dan tentu saja hal ini dapat terlihat oleh kasat mata sehingga sobat bisa langsung mengganti ban luar tersebut demi keselamatan saat bersepeda.

Ban luar yang jarang digunakan akan merubah struktur compound ban menjadi keras yang tentu saja dapat mempengaruhi kenyamanan sobat portal saat bersepeda. Ban luar yang dibiarkan dalam keadaan kempes terlalu lama akan membuat ban luar tersebut menjadi retak. Hal ini diakibatkan karena tekanan yang menumpu pada bagian ban yang kempes sehingga membuat ban tertekuk dan hilang elastisitasnya.

  • Ball bearing (laher)

Bearing umumnya terdapat pada bagian-bagian yang bergerak dan berputar seperti bottom bracket, pedal, hubset, headset, pivot rearschock dan lain sebagainya. Pada bagian tertentu bearing bekerja cukup berat sehingga sobat portal harus sering mengeceknya.

Biasanya bearing yang mengalami kerusakan mengeluarkan bunyi yang dapat mengganggu kenyamanan saat bersepeda. Bearing yang sudah aus dan kering akan menghambat kelancaran sepeda saat bergerak. Salah satu penyebab rusaknya bearing adalah karena adanya air atau degreaser (peluntur oli / gemuk) yang masuk ke dalam rumah bearing, oleh karena itu hindari mencuci sepeda dengan tekanan air yang tinggi dan lebih berhati-hati saat menggunakan degreaser.

Oleh karena itu, jika sobat menemukan gejala-gejala yang membuat sepeda kurang nyaman saat dikendarai itulah saatnya sobat melakukan pengecekan secara menyeluruh untuk sepedanya. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, yuk kita rawat sepedanya agar tetap nyaman dan aman saat bersepeda.

4. Cara Merawat Sepeda Dengan Membersihkan Groupset

cara merawat sepeda

Groupset sepeda menjadi part yang paling banyak geraknya setelah ban sepeda. Pastikan semua groupset mulai dari handle rem, shifter, RD, FD, BB, Crank, rantai, Sprocket semuanya normal sehingga tidak mengganggu performa saat gowes. Untuk bagian selain rantai bisa di lap menggunakan kain basah.

Untuk bagian crank, rantai, FD, RD, sprocket ini paling rawan kotor, apalagi jika menggunakan pelumas yang murah pasti semua kotoran malah nempel. Solusinya sobat bisa menggunakan dry lubricant yang lebih aman dari kotoran yang menempel.

Itulah ulasan tentang cara merawat sepeda, selamat mencoba dan semoga bisa berolahraga dengan seruh dan asik sebagai untuk menghilangkan stres dan jadilah pelopor penyelamat bumi dengan mengurangi polusi udara dengan olahraga sepeda.